Thursday, March 15, 2007

Cuaca di Jordania

Bulan Maret di Jordania adalah bulan yang menyenangkan, udaranya sejuk, bunga bunga bermekaran dan yang pasti tidak usah pakai baju tebal berlapis lapis. Itu cuaca di Amman ibu kota Jordania seminggu yang lalu. Pagi ini saya bangun, lihat keluar jendela, hujan rintik rintik, membasahi tanah.

Anak anak saya bangunkan untuk pergi ke sekolah. Setelah mereka berangkat dengan bis jemputan,satu jam kemudian, saya lihat kembali diluar ternyata bukan hanya air yang turun, tetapi bintik bintik putih ( bukan ketombe) tapi salju, lho kok begitu. Hmm padahal sudah dibilang sama suami ku, menurut peramal cuaca, hari Kamis ini akan ada salju. Saya engga percaya, soalnya setelah panas matahari yang terik, kok turun salju lagi.

Karena salju turun, semua rencana hari kamis ini harus dibatalkan. Iya di Jordania bukan sesuatu yang mengherankan kalau turun salju itu, hampir semua kegiatan diberhentikan.Anak anak dipulangkan dari sekolah, yang mau berangkat ke kantor juga engga jadi. Judulnya hampir semua penduduk, diam dirumah minum kopi dan makan roti bakar ( barangkali ). Yang menyebabkan semua kegiatan diberhentikan, adalah untuk menghindari kecelakaan lalu lintas, karena banyak kendaraan yang tidak disiapkan untuk meluncur di jalan yang licin, dan kalau kebetulan anda tinggal didaerah yang agak tinggi sedikit, kalau saljunya sampai deras dan tinggi, tidak ada traktor yang membuka jalan untuk mobil anda.

Saya teringat 5 tahun yang lalu, waktu turun salju di Amman Jordania hampir 4 hari berturut turut, kita semua diam di rumah. Kalau pun ada yang keluar rumah, itu untuk bermain main di jalan, lempar lempar salju dan bikin snowman. Kalau ada mobil yang mencoba maju, si pengemudi harus bersusah payah menyingkir kan salju terlebih dahulu.

Kalau dinegara yang saljunya turun lebih sering dan lebih banyak, tentu saja keadaannya lain dengan di Jordania ini, yang pasti kegiatan mereka sehari hari berjalan seperti biasanya karena mereka sudah siap dengan cuaca yang buruk, dari segi fasilitas jalan raya dan keadaan kendaraan nya.

3 comments:

Anonymous said...

Iyaa, kalo di Sierra Summit atau Yosemite kita main ski ya. Camping pake vw camper, mancing di danau ikannya di belem, mani raos teh nya, ngaliwetna ku beas Jepang, dikecrotan kecap Kimlan.

Anonymous said...

Iya, kalo saljunya di Sierra Summit atau Yosemitee kita main ski ya. Camping pake vw camper. Mancing ikan di danau, terus dibelem laukna, diemam sareng liwet tina beas Jepang, dibumbuanna ku kecap Kimlan ya.

that's life said...

Iya, juragan, jadi inget waktu suka ski di sierra summit, kalau di Jordan boro boro mau ski, mau main tobogan aja, bukit nya kurang tinggi.