Sunday, January 7, 2007

Siapa bilang nyetir mobil itu gampang.

Banyak orang bilang, kalau udah bisa nyetir mobil di Jakarta, nyetir mobil di negara mana pun bisa !!!

Alasannya, kalau nyetir mobil di Jakarta itu, kita harus bersaing dengan pemakai jalan lainnya seperti metro mini, sepeda motor, bajaj, sepeda, pejalan kaki dll. Jadi kalau mobil kita engga mau kesenggol bajaj, yah harus konsentrasi, lihat kiri kanan, depan , belakang kalau lagi nyetir.Tapi tetap aja, biar konsentrasi penuh, kalau kita engga lihai ngelak atau kaki engga sigap ngerem, yah disenggol dikit dikit sih maklum aja.

Dengan kata lain, kalau anda sudah berpengalaman nyetir di Jakarta tanpa kesenggol sepeda, atau nyenggol bajaj, berarti anda sudah lulus untuk nyetir di negara manapun.

Itu mungkin pendapat kebanyakan orang ?

Kalau saya yang di tanya..... bener engga sih kalau udah biasa nyetir di Jakarta, bisa nyetir di mana aja tanpa masalah ?

Jawaban saya: Tergantung dinegara mana ? Kalau di Amerika, california, jelas gampang banget, jalan nya lebar lebar, rambu rambu lalu lintas terlihat jelas, dan engga usah bersaing sama metro mini yang ugal-ugalan.

Terus di New york, juga biar seliweran mobil, dan muacetttt nya nek, tetap aja, masih okey. Di London, tahun 80 an aku kalau mau ke sekolah suka lewat rumah nya Ratu Elizabeth, Buckingham Palace yang besuarrr banget, nah disitu kadang kadang suka macet karena banyak tourist yang lagi lihat penggantian penjaga, tapi tetap aja tuh engga bermasalah, karena semua nya teratur. Di Swiss, apalagi, lancaaarrrrr. Kalau di Paris, engga tau deh , kayak apa rasa nya nyetir disitu, yang biasa nyetirin kakak ku yang lagi sekolah disitu. Tapi kelihatannya sih, dia engga punya masalah juga. Di German, hmmm kayak nya adikku yang suka nyetirin aku kemana mana, engga pernah ngedumel kalau lagi nyetir.

Nahhh sekarang, bagaimana rasanya kalau nyetir mobil di Amman Jordan ? pada saat ini tahun 2007.
Nyetir di Amman itu gampang gampang susah. Yang jelas di sini engga ada sepeda, metro mini atau bajaj. Motor aja engga ada, jadi orang orang tidak diperboleh kan sama sekali memakai motor di jalan umum, kecuali yang punya izin khusus, misalnya kurir, pizza delivery atau tukang kirim hamburger. Pokok nya santai santai aja, jalanan nya besar, engga macet, sepi. Makanya orang yang baru datang di Amman, suka anggap enteng kalau nyetir disini, dan itu lah yang bermasalah. Saya sering dengar, eh si anu disenggol mobilnya tuh, terus Ibu itu pas lagi nyetir di bunderan tau tau disodok dari kanan, atau tiba tiba dengar kabar ada yang dirawat di rumah sakit, karena nabrak tiang listrik.

Permasalahan nya, kebanyakan orang Jordan kalau lagi nyetir engga pernah kasih tanda kalau mau belok kiri atau kanan. Apalagi kalau mau berhenti, tau tau mobil didepan kita, bisa di rem mendadak. Terus itu orang, bukan nya minggirin mobil nya, eeeh malahan ngobrol sama supir di mobil yang dari arah lain.


Yang lebih konyol lagi kalau di bunderan, yang diprioritaskan kan mobil yang sudah masuk di area bunderan itu. Jangan harap seperti itu, biar pun kita punya prioritas untuk maju, harus waspada, karena bisa aja, sekonyong konyong ada mobil dari arah lain, yang meluncur dengan kecepatan tinggi ( kan jalanan nya sepi). Kita jangan punya pikiran itu mobil bakalan ngerem pas nyampe di bunderan, eeeh engga tuh, seperti nya dia malah berlomba, siapa duluan yang bisa melewati bunderan, walaupun dengan jelas dia lihat mobil kita udah duluan di bunderan itu.

Saya sendiri engga ngerti, kok bisa begitu yah. Yang aneh nya, teman teman orang Jordan sendiri, suka ngedumel dengan cara nya mereka nyetir mobil, apalagi yang udah terbiasa nyetir di negara lain, di luar Jordan.

Dengan kata lain, mau nyetir mobil dimanapun, harus waspada.Yang pasti, bukan hanya rambu rambu lalu lintas, cuaca, jenis kendaraan , atau banyak nya kendaraan di jalan yang menyebabkan kecelakaan, yang terutama sifat dari pengemudi pengemudi itu lah yang harus diwaspadai.

No comments: