Sunday, January 21, 2007

Jakarta kota mahal

Jakarta masuk dalam list sebagai kota termahal ke 48 didunia, hanya satu tingkat dibawah Toronto Canada. Ini merupakan hasil survey dari Mercer, perusahaan global human resources dan konsultan. Survey ini dibuat untuk Perusahaan multinasional dan Pemerintah, untuk mengetahui biaya hidup pegawai/pejabat nya yang ditempatkan di negara asing.

Survey yang dilakukan adalah studi perbandingan dari 200 jenis biaya seperti: akomodasi, makanan, transportasi, pakaian, entertainment, alat rumah tangga dll.

Sungguh membingungkan, kenapa Jakarta bisa mendapatkan ranking tersebut. Kalau biaya hidup di Jakarta sebegitu mahal nya, bagaimana orang orang lokal bisa membiayai hidup nya mereka.

Cuman kalau dipikir kembali, ya mungkin saja biaya hidup orang asing yang tinggal di Jakarta bisa mahal begitu karena yang jelas belanja makanan nya di Kem chicks bukan di pasar Blok M .Terus tinggalnya di Kemang atau PI bukan nya di Bekasi atau Depok, belanja bajunya juga di Sogo atau Plaza Senayan bukannya di Mangga Dua , minum kopi nya yah di hotel bintang lima bukannya di warteg, terus kalau mereka pergi ke kantor pakai mobil dan supir bukannya gelantungan di metro mini.

Dengan kata lain, mungkin aja Jakarta kota termahal nomer 48 didunia.

No comments: