Wednesday, February 14, 2007

Be my valentine

Tadi pagi saya dapat telepon dari kakak saya yang tinggal di Jakarta. Dia menceritakan kelakuan keponakan keponakan ku ( semua nya laki laki ) dari yang paling tua 17 tahun, yang kedua 15 tahun yang ketiga 13 tahun dan yang bungsu 11 tahun. Mereka semua nya ribut mau beli bunga mawar merah. Ooh rupanya karena hari ini tanggal14 februari, hari valentine, hari kasih sayang.

Asal usul mengenai hari valentine itu sendiri agak kabur dan banyak versi nya, salah satu nya adalah Valentine adalah pendeta Romawi di abad ketiga pada waktu Kaisar Claudius ke dua berkuasa. Pada saat itu, Kaisar Claudius mengeluarkan perintah kepada Gereja untuk tidak merestui pernikahan pada pasangan muda, karena Kaisar tersebut berpendapat bahwa pria yang sudah berkeluarga tidak akan menjadi prajurit yang baik. Tapi Pendeta yang bernama Valentine melanggar peraturan tersebut. Sehingga sewaktu Kaisar Claudius mengetahui perbuatannya tersebut, Pendeta Valentine di hukum mati.

Versi lainnya adalah Pendeta Valentine adalah seorang pendeta yang sedang dipenjara, dia jatuh cinta sama perempuan yang diperkirakan adalah putri dari Pria yang memenjarakannya. Sebelum dihukum mati, dia menulis surat untuk wanita pujaannya. Surat itu ditandatangani sebagai berikut " From your valentine". Karena keromantisan pendeta tersebut, tanggal dimana dia dihukum mati 14 februari dirayakan sebagai hari kasih sayang.

Walaupun asal usul dari hari valentine itu masih samar samar, tapi sampai sekarang banyak sekali orang orang di seluruh dunia yang memperingati hari itu sebagai hari yang disimbulkan sebagai hari kasih sayang.

Waktu mendengar keponakan keponakanku ribut mau beli bunga mawar merah buat teman teman wanita nya, aku tertawa terbahak bahak, menurut ku sih lucu. Soalnya ada yang kasih buat 9 teman wanitanya, ada yang kasih 4 , ada yang kasih 5. Pokoknya tidak jelas, mereka itu mau kasih bunga mawar maksud nya untuk apa ( Masa mau menyampaikan rasa sayang ke 9 perempuan at the same time ). Aku engga begitu mikirin, namanya juga anak anak, mereka suka pengen ikut ikut an.

Namun yang bikin aku geli, itu tadi pagi waktu lagi di Gym di Amman Jordania, aku nguping pembicaraan ibu ibu ( engga sengaja ), karena pembicaraan nya keras keras, soalnya mereka teriak dari satu tempat ke tempat lain. Kurang lebih Begini pembicaraanya.
Ibu A " Eh nanti mau merayakan valentine dimana?"
Ibu B " Aku sudah pesan tempat di hotel anu, seru lho acaranya, kamu mau gabung engga"
Ibu A" Okey, pesan satu ticket aja, soalnya suamiku engga bakalan mau pergi "

Ibu B" Ok, lebih bagus kita juga cuman sama teman teman aja kok, suami ku lagi di luarnegeri, eh Ibu C mau ikutan engga"
Ibu C " engga akh, aku udah janji mau pergi sama adikku yang perempuan, kebetulan suamiku juga engga mau diajak, jadi cuman kita kita aja"

Aku yang dengar pembicaraan tersebut jadi bingung sendiri, wah apa aku salah ngerti karena mereka bicaranya pakai bahasa Arab, akh tapi kayaknya sih kupingku dan pengetahuan bahasa arabku lumayan untuk mengerti pembicaraan mereka. Yang bingung, bukankah hari valentine itu hari kasih sayang, yang asal usulnya dari bangsa Romawi , yang dinyatakan sebagai hari untuk menyatakan rasa sayang kita kepada seseorang, yang jelas suami atau istri kita, kok dirayakan sama teman teman… hmmm…..???
Kalau memang mau jalan rame rame sama teman, yah jalan aja yah, engga usah bilang bilang mau merayakan hari valentine he he he.

No comments: