Monday, February 19, 2007

Lima jenis pengemudi mobil di Jordania

Siang itu di musim panas, matahari menyengat dengan teriknya, Aku sedang berhenti di lampu stop an, karena sedang merah. Dari sebelah kiri jendela mobil ku, terdengar alunan musik yang keras sekali ….bang… bang.. bang…bang. Kulihat sebuah mobil convertible ,yang nyetir nya anak belasan tahun, pakai kaca mata hitam, duduk nya agak miring, tangan nya yang satu lagi pegang handphone, dan ditengah bising nya suara bass dari stereo mobilnya , Aku dengar dengan jelas dia bilang ke Handphone nya " yes… yes I finally got my driving license ". Oooh rupanya dia baru terima SIM. Waktu lampu stop an berganti hijau, Aku lihat anak itu tancap gas dan zoommm dia zig zag di depan hidung ku. Hmm kasihan rupanya dia masih excited baru terima SIM nya.

Itu adalah jenis pertama dari pengemudi di Jordania, yaitu anak anak muda yang kalau nyetir , tidak memikirkan keselamatan dirinya ataupun orang orang disekitarnya.
Biasanya pengemudi yang seperti begini juga selain suka zig zag diantara mobil mobil lain, mereka suka ngekor, apalagi kalau dijalan sempit dua arah, mereka mau coba nyusul engga bisa, akhirnya mepet terus dipantat mobil kita, menyebalkan sekali.

Jenis pengemudi yang kedua adalah pengemudi yang tidak pernah menggunakan signal , baik mau belok kiri atau kanan, atau yang berhenti dimana saja, kapan saja tanpa memberi tanda dahulu. Udah gitu kalau kita kasih klakson , mereka cuek aja, engga masalah kalau mobilnya mereka menghalangi jalan.

Jenis pengemudi yang ketiga adalah si kura kura, yang jalannya lamban banget, yang ini sih engga begitu membahayakan kalau ada di dalam kota. Tapi kalau kita lagi jalan cepat di jalan tol, tiba tiba ada pengemudi seperti ini yang masuk jalur kita, Anda harus sigap ngerem yang cepat, kalau tidak mau nabrak mobil itu, soalnya pengemudi yang model seperti ini , engga mikir, kalau lagi di jalur cepat, yah harus cepat bukannya 40 km perjam.

Jenis pengemudi yang ke empat, adalah pengemudi yang tangannya gatel, maunya mencet klakson terus. Yang menyebalkan kalau lagi macet, udah tau biar diklaksonin juga mobil engga bakalan maju, tetap aja dia mencet mencet klakson..tet tet tet tet berisik. Yang konyol nya juga model pengemudi macam begini, selalu klakson kalau di lampu stop an, begitu lampu hijau, tangan nya langsung pijit klakson " TET"

Jenis pengemudi yang ke lima adalah pengemudi yang normal, yang selalu kasih signal kalau belok atau berhenti, yang engga iseng pijit klakson kalau engga perlu, yang menjalankan mobilnya dengan kecepatan normal mengikuti speed limit yang ditentukan, yang sopan dan tau tata cara dan peraturan mengemudi. Inilah pengemudi ideal ( Yang jelas bukan saya, kali kalau saya masuk kategori satu he he he, tua tua tapi berjiwa muda, maklum pengemudi dari Jakarta)

2 comments:

Um Ibrahim said...

LOL:0)

pyuriko said...

Permisi,... :D

Ternyata ada pengemudi dari Jakarta sedang di luar sana,... and salam kenal.