Sunday, February 18, 2007

Mystery shopping

Kalau kita belanja ngumpet ngumpet, biar engga ketahuan suami atau istri kita, apakah itu nama nya mystery shopping ? Kurang tau juga yah, kalau itu termasuk belanja yang misterius, karena kita melakukan nya secara diam diam, biar tidak ketahuan orang.

Yang jelas Mystery shopping adalah istilah yang dipakai di dunia marketing. Memang kalau kita baru mendengar istilah tersebut, agak membingungkan juga, apa sih maksud nya, kok belanja aja pakai secara misterus. Tapi itu memang kerjaan nya para pakar marketing yang suka menjelimet , memakai istilah istilah yang unik, padahal sih maksud nya sederhana saja.

Maksud dari mystery shopping secara garis baris adalah untuk menilai perusahaan kita dari kaca mata pembeli. Misalnya apabila anda mempunyai hotel atau restaurant atau supermarket , mungkin anda ingin informasi mengenai: pelayanan pegawai kita kepada pembeli, pengetahuan pegawai mengenai produk yang dijual dan lain sebagai nya.

Lalu seberapa besarnya, pengaruh mystery shopping kepada business kita dan bagaimana procedure dari mystery shopping tersebut.

Didunia business yang persaingannya semakin ketat, kita harus berebut pembeli, karena sekarang ini pembeli semakin banyak mempunyai pilihan. Contohnya saja pada saat ini, pembeli bisa memilih mau makan direstaurant apa saja Makanan India, China, Jawa, fastfood, Jepang,Sunda, Padang dll. Pembeli juga mempunyai banyak pilihan untuk berbelanja dimana saja di mall mall megah atau factory outlets.

Kadang kadang masalah harga atau lokasi bukan merupakan hal nomer satu yang menjadikan business kita lebih kompetitif.Sekarang ini banyak konsumen yang lebih pintar dan lebih sensitive, mereka sangat mengutamakan fasilitas pelayanan dari tempat mereka berbelanja. Misalnya saja , kalau anda makan di suatu rumah makan yang makanan nya terkenal murah dan enak, tapi pelayanannya lamban dan pelayan nya menyebalkan, tentu anda akan berpikir dua kali untuk kembali kesitu.

Apabila anda pengusaha, tentu informasi informasi mengenai perusahaan anda tersebut sangat berharga, karena dari laporan tersebut anda dapat mengambil keputusan misalnya : Apakah anda perlu memodifikasi pelatihan pegawai anda, apakah anda perlu merubah display produk anda dan lain sebagainya.

Kalau anda mau melakukan kegiatan mystery shopping, jalan singkatnya tentu saja menyewa professional mystery shopper. Tapi kalau anda mau meminta tolong seseorangpun untuk bertindak sebagai mystery shopper, tidak ada salahnya, asalkan orang tersebut dapat dipercaya untuk memberikan laporan yang jujur, sistematik dan jelas kepada anda. Tentu saja anda perlu memberikan petunjuk kepada orang tersebut, informasi semacam apa yang anda harapkan dari dia. Juga sangat penting sekali, jangan sampai pegawai anda mengetahui ada mystery shopper di tempat mereka bekerja. Sehingga mereka tidak akan bersiap siap sebelumnya.

Cara lain untuk mendapatkan info mengenai business kita, adalah dengan memberikan ( list pertanyaan ) atau questionnaire kepada pembeli. Tapi seberapa banyak pembeli yang dengan senang hati mengisi questionnaire tersebut .Paling paling mereka hanya mencoret coret di questionnaire tersebut, atau dipakai buat bungkus bekas permen karet dari mulutnya ( Ya engga).

No comments: